- Back to Home »
- eR-Pe-Pe Skripshit
Posted by : a
Juni 01, 2012
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I
A.
IDENTITAS
Nama Sekolah : SMK
PGRI Karangampel
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Program
Keahlian : X TKR2
Semester :
1 (satu)
Pokok Bahasan :
Aproksimasi Kesalahan
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan aproksimasi kesalahan
Kompetensi Dasar :
2.1. Menerapkan konsep kesalahan pengukuran
Indikator :
1. Hasil membilang dan mengukur
dibedakan berdasarkan pengertiannnya
2.
Hasil
pengukuran ditentukan salah mutlak dan salah relatifnya
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Di berikan
sebuah kasus dan dari kasus tersebut siswa dapat membedakan
hasil membilang dan mengukur berdasarkan pengertiannnya melalui model pembelajaran three
step interview.
2.
Siswa dapat
melakukan pembulatan menggunakan pendekatan-pendekatan yang ada
3.
Siswa dapat menentukan salah mutlak dan salah relatif dari hasil pengukuran
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Membilang dan mengukur
2. Pembulatan ke satuan ukuran terdekat
3. Pembulatan ke banyaknya angka/tempat desimal
4. Pembulatan ke banyaknya angka penting
5. Salah mutlak, salah relatif dan persentase
kesalahan
D.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode :
Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas endividual dan kelompok
Model : Kooperatif tipe three step interview
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa
merapikan tempat duduk masing-masing
b.
Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar
c.
Apresepsi:
Mengingat kembali tentang definisi menghitung dan
mengukur.
d.
Motivasi : Setelah menguasai materi prasyarat siswa
diharapkan mampu membedakan definisi dari menghitung dan membilang.
e.
Guru menginstruksikan peserta
didik menyiapkan peralatan mengukur.
f.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
g.
Guru menyampaikan model
pembelajaran yang akan digunakan
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
2
|
Kegiatan
inti
a.
Eksplorasi
1.
Guru melibatkan siswa dalam mengartikan pengertian mengukur dan membilang.
2.
Guru menginstruksikan siswa cara mengukur mengggunakan alat ukur melalui demonstrasi yang diperagakan oleh guru
b.
Elaborasi
1.
Dengan metode Pembelajaran kooperatif tipe thre step interview siswa diarahkan untuk berdiskusi
tentang pembulatan, salah mutlak
dan salah relatif.
2.
Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan guru.
3.
Guru melihat pekerjaan siswa
dan memberikan bimbingan bagi yang mengalami kesulitan.
4.
Guru membahas soal yang
dianggap sulit.
c.
Konfirmasi
1.
Guru
memberikan kuis pendek kepada siswa untuk dikerjakan secara individu dan
siswa tidak diijinkan untuk saling membantu dalam mengerjakan kuis.
2.
Setelah
waktu yang diberikan untuk mengerjakan kuis selesai, guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
|
60 menit
|
Pembelajaran kooperatif tipe thre step interview
|
3
|
Penutup
1.
Guru menutup pelajaran dengan
membimbing siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Guru menyampaikan materi
berikutnya dan memberikan PR
|
15 menit
|
|
F.
ALAT DAN SUMBER BAHAN AJAR
1. Alat belajar
·
Jangka Sorong
·
Penggaris
2. Sumber belajar
·
Kasmma. 2008.
Matematika untuk SMK dan MAK kelas X.
Erlangga: Jakarta
·
Modul
matematika tehnik oleh TIM MGMP Matematika SMK Kab. Indramayu
G.
PENILAIAN
Indikator penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1. Pengertian membilang dan mengukur
|
Kuis
|
Essay
|
1)
Manakah
dari kegiatan berikut yang termasuk pengukuran?
·
Banyaknya
kursi di suatu ruangan
·
Panjang
meja tulis
·
Tinggi
suatu gedung
·
Banyaknya
kendaraan yang di parkir
·
Lebar segi
empat
|
2. Pembulatan dengan ketentuan yang diinginkan
|
|
Essay
|
2)
Diketahui
6,1794 cm, bulatkan sampai dua tempat desimal
|
3. Menentukan satuan terkecil
|
|
Essay
|
3)
Dik hasil
pengukuran 3,4 mm, Tentukan satuan terkecilnya
|
4. Menentukan salah mutlak
|
|
Essay
|
4)
Tentukan
salah mutlaknya
|
5. Menentukan salah relatif
|
|
Essay
|
5)
Tentukan
salah relatifnya
|
6. Menentukan persentase kesalahan
|
|
Essay
|
6)
Tentukan
persentase kesalahannya
|
Kunci
jawaban :
No.
|
Jawaban
|
skor
|
1
|
·
Panjang
meja tulis
·
Tinggi
suatu gedung
·
Lebar segi
empat
|
10
|
2
|
6,18 cm
|
15
|
3
|
0,1 mm
|
15
|
4
|
|
20
|
5
|
|
20
|
6
|
|
20
|
H.
SOAL DAN TUGAS
1.
Diketahui
hasil pengukuran 43,127539 cm
·
Bulatkan sampai dua tempat desimal
·
Bulatkan
sampai tiga tempat desimal
·
Bulatkan
sampai empat tempat desimal
2.
Diketahui
hasil pengukuran 10 kg
·
Tentukan
satuan terkecilnya
·
Tentukan
salah mutlaknya
·
Tentukan
salah relatifnya’tentukan persentase kesalahannya
|
|
Indramayu, Oktober 2011
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
Peneliti
|
|
|
|
Yanti
Widiyowati, S.Pd
|
|
Agus
Hadi Santoso
|
|
|
107070062
|
Mengetahui:
Kepala SMK PGRI Karangampel
Edy Wijatno, M.Pd
NIP: 196411131986031006